ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR DALAM MATA KULIAH JAPANESE FOR TOURISM

ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR
DALAM MATA KULIAH JAPANESE FOR TOURISM
 
 
Ketua : Anisa Arianingsih, S.Pd., M.Pd.
Anggota : Soni Mulyawan Setiana,S.Pd., M.Pd.
 
 
Terdapat beberapa beberapa faktor yang dianggap signifikan dalam keberhasilan pembelajaran bahasa Jepang. Faktor-faktor tersebut adalah pengajar, siswa, kurikulum, materi ajar, dan fasilitas pembelajaran. Kebutuhan pembelajaran adalah sebuah komponen kritis dari keseluruhan proses desain. Oleh karena itu, penulis akan melakukan penelitian terhadap analisis kebutuhan pembelajar dalam mata kuliah Japanese for Tourism.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja kebutuhan pembelajar dalam pembelajaran Japanese for Tourism yang mencakup topik, kegiatan belajar, metode pembelajaran, jenis pekerjaan rumah, dan evaluasi yang disukai siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan studi survei dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI yang mengambil matakuliah Japanese for Tourism sebagai matakuliah pilihan yang berjumlah 15 orang. Teknik penyampelan yang digunakan adalah penyampelan total.

Luaran dari penelitian ini adalah tersusunnya informasi yang komprehensif mengenai analisis kebutuhan dalam pembelajaran Japanese for Tourism yang mencakup topik, kegiatan belajar, metode pembelajaran, jenis pekerjaan rumah, dan evaluasi yang disukai siswa, sehingga pada akhirnya dapat disusun sebuah buku ajar mengenai Japanese for Tourism.
Kamis, 19 November 2020 - 01:43
http://dp3m.unikom.ac.id/penelitian/view/analisis-kebutuhan-pembelajar.438.html