ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

Jumat, 20 November 2020 - 03:44
ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN
MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD
DI UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
 
 
Ketua : Adi Rachmanto, S.Kom., M.Kom
 
 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pendukung
keputusan (Decision Suport System) yang dapat membantu proses pengambilan
keputusan penilaian kinerja dosen di UNIKOM Bandung.

Dalam menganalisis kebutuhan sistem, penelitian ini menggunakan metode
balanced scorecard yang didasarkan 4 perspektif yaitu: perspektif pelanggan:
pelanggan institusi, perspektif keuangan: profil pembiayaan perguruan tinggi,
perspektif proses internal: penilaian dan pengukuran kinerja dosen, perspektif
pertumbuhan: memahami dan mengukur produktivitas dosen.

Pengembangan sistem ini diperlukan karena hasil monitoring dan evaluasi
kinerja dosen yang selama ini telah dilakukan masih bersifat parsial dan tidak
lengkap, walaupun sudah banyak sistem / aplikasi yang digunakan di UNIKOM.

Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Menentukan tujuan-tujuan strategik
(strategic objectives) dari masing-masing perspektif finansial, pelanggan, proses
internal dan perspektif proses belajar dan pertumbuhan berdasarkan visi, misi dan
strategi UNIKOM Bandung. 2) Menentukan ukuran-ukuran serta bobot penilaian
indikator kinerja berupa Key Performance Indicators (KPI) yang sesuai dengan
visi,misi dan strategi UNIKOM Bandung. 3) Menganalisis kebutuhan data serta
bagian-bagian terlibat dengan cara mengintegrasi sistem-sistem yang telah ada,
yang bisa digunakan untuk analisis sistem penunjang keputusan penilaian kinerja
dosen.
 
Dampak dengan dikembangkannya sistem pendukung keputusan ini antara
lain : 1) Dosen akan mendapatkan hasil evaluasi kinerja dosen secara menyeluruh.
2) dapat meningkatkan motivasi dosen dikarenakan jelasnya indikator yang
digunakan dalam menentukan reward / intensif yang akan diberikan.