Faktor-Faktor yang mempengaruhi Akuntan Publik untuk mendeteksi kecurangan dalam Laporan Keuangan

Kamis, 19 November 2020 - 02:00
Faktor-Faktor yang mempengaruhi Akuntan Publik
untuk mendeteksi kecurangan dalam Laporan Keuangan
 
 
Ketua :  Dr. Ely Suhayati,SE.,M.Si.,Ak.,CA
 
 
Akuntan publik pada saat melakukan proses audit terkadang melakukan kesalahan seperti “melakukan error, tidak dapat mendeteksi adanya kesalahan dalam laporan keuangan dan data data untuk menghasilkan informasi bersumber dari “Garbage” sehingga dikenal dengan istilah “Garbage in Garbage out”, Dalam audit umum, akuntan publik memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi Fraud.
 
Adanya permasalahan tersebut, menarik perhatian peneliti untuk membuat penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Akuntan Publik untuk Mendeteksi Kecurangan dalam Laporan Keuangan”,adapun faktor-faktor tersebut adalah Integritas, Skeptisme Profesional, Kompetensi, Independensi, Pengalamandan Mendeteksi Kecurangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah penelitian dasar  dan penelitian terapan, metode penelitian dalam penelitian ini adalah Deskriptif Verifikatif, untuk pengujian hipotesis digunakan Structural Equation Modeling sebagai alat bantu dalam pengambilan kesimpulan.
 
Penelitian ini untuk mencari fakta dan keterangan secara faktual yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 Kantor Akuntan Publik yang berada di Bandung dengan 30 Akuntan Publik sebagai respondennya.