PENGARUH ICT DAN BUDAYA POP TERHADAP PERGESERAN PERILAKU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS ANGKATAN 2016 UNIKOM

Kamis, 19 November 2020 - 02:47
PENGARUH ICT DAN BUDAYA POP TERHADAP PERGESERAN PERILAKU  PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS ANGKATAN 2016  UNIKOM
 
 
Ketua : Nenden Rikmadewi, S.S.,M.Hum
Anggota : Erna Susilawati., S.S., M.M
 
 
Perkembangan teknologi informasi saat ini yang sangat pesat menuntut manusia untuk terus berkembang sebagai pemeran dan pelaku yang tanpa disadari sudah tergantung pada teknologi informasi tersebut. Keberadaan internet tentu saja mempunyai andil yang sangat besar pada perubahan dan perkembangan zaman dalam hal penyampaian informasi dari satu individu ke individu yang lain yang memungkinkan memangkas ruang, jarak dan waktu. Hal tersebut tentu saja sangat berdampak pula pada perilaku manusia itu sendiri khususnya mahasiswa sebagai generasi yang melek terhadap internet.
 
Arus informasi yang bergerak begitu cepat melalui berbagai media elektronik khususnya gawai memungkinkan tiap individu dapat megakses dan bertukar berbagai informasi antar individu dalam antar daerah bahkan antar negara. Hal tersebut tentu saja memungkinkan adanya cross-culture.
 
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan objek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2016/2017 pada program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra UNIKOM.
 
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa media sosial sangat berpengaruh terhadap perubahan perilaku mahasiswa, perpindahan individu ke lingkungan/kota yang baru memungkinkan individu pendatang tersebut mengalami shock culture. Keberadaan pendatang di lingkungan yang baru memungkinkan terjadinya cross-culture seiring dengan tuntutan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.